Mengulik Fakta Tentang Penyakit Tuberkulosis Yang Wajib Anda Ketahui

Tuberkulosis

Batuk adalah salah satu penyakit ringan yang sering dialami oleh banyak orang. Hal ini bisa membuat anda terlena dan pernah menyadari bahwa penyakit yang berawal dari batuk biasa bisa menjadi salah satu pertanda penyakit kronis. Bahkan, penyakit yang memiliki gejala batuk seperti tuberkulosis atau TBC termasuk penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi. Berikut selengkapnya.

Mengenal Jenis Penyakit TBC

Penyakit yang diduga sering menyerang paru-paru ini dapat terjadi karena infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri tersebut seringkali tumbuh pada bagian yang mengandung banyak oksigen dan pembuluh darah, seperti organ paru-paru. Sebagai penyakit yang berbahaya, TBC dapat menyerang siapa saja dan bisa menjadi penyakit menular.

Dalam hal ini, jenis penyakit TBC dapat dibedakan menjadi TBC aktif dan TBC laten. Orang yang menderita t dengan gejala yang serius dan bisa menularkannya melalui droplet adalah penderita TBC aktif. Sedangkan, penderita TBC laten seringkali tidak menunjukkan gejala apapun. Tak heran jika jenis satu ini tidak akan menjadi penyakit yang menular.

Seseorang yang tidak memiliki gejala dan menderita tuberkulosis laten tersebut biasanya memiliki daya tahan imun yang baik. Sayangnya, TBC laten juga bisa menjadi TBC aktif seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, penyakit yang satu ini sebaiknya diobati dengan serius. Lazimnya, pengobatan penyakit ini dapat dilakukan secara rutin selama 6 hingga 9 bulan.

Gejala Penyakit TBC

Meski jenis penyakit ini ada yang tidak memiliki gejala, anda sebaiknya selalu waspada terhadap berbagai gejala ringan yang diderita. Pasalnya, seseorang yang menderita jenis penyakit ini memiliki gejala umum berupa batuk. Sayangnya, batuk adalah salah satu jenis penyakit yang sering disepelekan karena bisa terjadi karena berbagai hal.

Mengetahui kondisi ini, anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter ketika menderita batuk yang tak kunjung sembuh selama 2 minggu lebih. Anda bahkan bisa mengunjungi sehatq.com untuk bertanya kepada dokter, membeli obat dan mencari berbagai artikel kesehatan seputar gejala yang sedang anda derita.

Tuberkulosis aktif ini juga akan menunjukkan daya tahan tubuh yang semakin menurun. Tentunya, gejala batuk yang anda derita jika terdapat bakteri penyebab penyakit ini dapat ditandai dengan nyeri dada, batuk darah, berkeringat ketika malam hari, demam, kelelahan, kehilangan nafsu makan hingga berat badan menjadi menurun.

Selain itu, penyakit yang satu ini juga dapat menginfeksi dan mempengaruhi kondisi organ tubuh yang lain. Beberapa organ yang sering terinfeksi akibat penyakit ini adalah ginjal, otak, usus, kelenjar getah bening dan tulang. Oleh karena itu, beberapa orang yang menderita TBC terkadang memiliki gejala penyakit yang berbeda.

Oleh karena itu, anda sebaiknya segera menghubungi dokter ketika mengalami beberapa gejala di atas sebelum menjadi penyakit yang lebih serius. Anda bahkan juga perlu menghindari berbagai risiko terkena penyakit tuberkulosis karena termasuk penyakit menular. Tentunya, penyakit yang satu ini dapat tertular ketika penderita tak sengaja mengeluarkan droplet.

Dalam hal ini, seseorang yang berbicara, batuk, meludah dan bersin bisa menularkan TBC. Begitu pula, udara yang sudah terkontaminasi dengan penyakit ini juga bisa menjadi media penularan penyakit. Meski demikian, daya tahan tubuh yang kuat dapat melindungi anda untuk terhindar dari penularan penyakit ini.

Itulah beberapa hal yang harus anda ketahui dan waspadai terkait dengan direktori penyakit TBC. Tentunya, jenis penyakit ini harus diantisipasi dengan cara dideteksi sedini mungkin untuk mencegah dampak buruk yang ditimbulkan. Anda bahkan bisa mengunjungi sehatq.com untuk mendapatkan berbagai tips sehat, bertanya kepada dokter, membeli obat dan lainnya agar tubuh selalu sehat.

Tinggalkan Balasan